SAP
PBA IAIN Cirebon
Tahun Akademik 2013/2014
Mata
Kuliah
Kode
Bobot
SKS
Jurusan
Program
Studi
Semester
Dosen
|
:
:
:
:
:
:
:
|
Metodologi
Penelitian Pendidikan Bahasa Arab
3
sks
Pendidikan
Bahasa Arab
Pendidikan
Bahasa Arab
V
Reven
Elder, MA
|
||
Standar
Kompetensi
|
:
|
1.
|
(Knowlwdge)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
|
Menganalisis
konsep, prinsip dan prosedur penelitian kependidikan.
|
|
|
|
b.
|
Menjelaskan
konsep-konsep dasar, pendekatan penelitin kualitatif dan kwantitatif.
|
|
|
|
c.
|
Memiliki
kemampuan untuk menganalisa, mensintesa, dan mengevaluasi dalam sebuah
penelitian. Pendidikan bahasa Arab
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
(Attitude)
|
|
|
|
a.
|
Mahasiswa
memiliki kepekaan yang tinggi terhadap masalah-masalah dalam pendidikan
bahasa Arab berikut solusi dan penyelesaiannya
|
|
|
|
b.
|
Mahasiswa
dapat menerima adanyajenis-jenis penelitian yang berbeda-beda misalnya
penelitian kualitatif dan kuantitatif.
|
|
|
|
c.
|
Mahasiswa
dapat memberi respon positif terhadap majemuknya lapangan penelitian
pendidikan mulai dari penelitian pustaka hingga penelitian lapangan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
(Skill)
|
|
|
|
a.
|
Menyusun
desain penelitian
|
|
|
|
b.
|
Mengidentifikasi
masalah penelitian
|
|
|
|
c.
|
Merumuskan
masalah penelitian
|
|
|
|
d.
|
Merumuskan
tujuan dan manfaat hasil penelitian
|
|
|
|
e.
|
Menentukan
kerangka pikir
|
|
|
|
f.
|
Menentukan
pendekatan penelitian
|
|
|
|
g.
|
Menentukan
subyek penelitian
|
|
|
|
h.
|
Menentukan prosedur dan
pengembangan instrumen pengumpulan data
|
|
|
|
i.
|
Melakukan
pengolahan dan analisis data
|
|
|
|
j.
|
Menyusun
laporan hasil penelitian
|
|
|
|
k.
|
Membaca dan menafsirkan hasil
penelitian
|
|
Deskripsi
Mata Kuliah : Matakuliah ini mengkaji dan
menganalisa berbagai konsep dasar
penelitian,
metode dan prosedur penelitian. model-model penelitian kependidikan khususnya
pendidikan bahasa Arab, mengkaji dan mengevaluasi serta menafsir hasil
penelitian. menyusun rancangan dan sistem pelaporan penelitian pendidikan
bahasa Arab.
No
|
Per-
temuan
|
Materi
|
Tugas
|
Sasaran
Perkuliahan
|
Strategi, Metode,
dan Media
|
Buku Sumber
|
1
|
I
|
Pendahuluan
a.
Kontrak belajar
b.
Tujuan dan manfaat penelitian
Pendidikan
c.
Penjelasan Umum Tentang Proses
Penelitian
d.
Jenis-jenis penelitian
e.
Pemilihan Topik Penelitian
|
Cari topik rencana penelitian anda
|
Mahasiswa dapat memilih topik usulan
penelitian
|
|
|
2
|
II
|
Merumuskan masalah penelitian
a.
Pendekatan disiplin ilmu
b.
Pemahaman terhadap teori,
proposisi, konsep, variabel, indikator dan hubungan antar konsep, hubungan
antar variabel dan hubungan antar indikator
|
Buat framework hubungan antar konsep
atau variabel yang akan diteliti sesuai dengan topik.
Cari dan Buat beberapa konsep yang
telah anda pelajari sesuai dengan bidang konsentrasi anda
|
Memahami dan mampu menjelaskan suatu konsep,
variabel dan indikator
Mahasiswa dapat menyajikan framework
hubungan antar variabel, konsep dan indikator
|
-
Diskusi
-
Resitasi
-
Seminar
-
Power point
-
Laptop
-
LCD
|
Lihat daftar buku sumber
|
3
|
III
|
Jenis Penelitian
a.
Kuantitatif
b.
Kualitatif
|
Cari perbedaan Kualitatif dan
kuantitatif
|
Memahami penelitian Kualitatif dan
kuantitatif
|
-
Diskusi
-
Resitasi
-
Seminar
-
Power point
-
Laptop
-
LCD
|
Lihat daftar buku sumber
|
4
|
IV
|
Merumuskan masalah penelitian
a.
Kembangkan penelitian terdahulu
b.
Hubungkan dengan pemahaman
terhadap teori
c.
Rumuskan masalah
|
Cari beberapa tulisan yang berhubungan
dengan konsep yang telah anda ajukan
Indentifikasikan masalah
Merumuskan masalah utama
|
Mahasiswa dapat meringkas, mencari
konsep-konsep yang akan didalami dalam penulisan skripsi dan merumuskan masalah
penelitian
|
-
Diskusi
-
Resitasi
-
Seminar
-
Power point
-
Laptop
-
LCD
|
Lihat daftar buku sumber
|
5
|
V
|
Megembangkan literatur dan hipotesis
penelitian
-
Model pengembangan hipotesis
-
Hipotesis penelitian
-
Hipotesis statistik
|
Buat model konseptual penelitian
Buat model hipotesis
|
Mahasiwa dapat mengembangkan hipotesis
penelitian
|
-
Diskusi
-
Resitasi
-
Seminar
-
Power point
-
Laptop
-
LCD
|
Lihat daftar buku sumber
|
6
|
VI
|
Diskusi rumusan masalah dan bagaimana
teknik untuk menjawab masalah penelitian
1.
Telaah literatur
2.
Mengembangkan Kerangka
konseptual penelitian
3.
Mengembangkan Hipotesis
Penelitian
|
Memperbaiki model konseptual
penelitian
Mahasiswa menulis kajian literatur
|
Mahasiswa dapat membuat model
penelitian konseptual
|
-
Diskusi
-
Resitasi
-
Seminar
-
Power point
-
Laptop
-
LCD
|
Lihat daftar buku sumber
|
7
|
VII
|
Seminar Kerangka konseptual penelitian
dan alur pikir state of the art
|
Seminar ulasan penelitian sampai
dengan kerangka konseptual
|
Mahasiswa dapat mempresentasikan
usulan penelitian
|
-
Diskusi
-
Resitasi
-
Seminar
-
Power point
-
Laptop
-
LCD
|
Lihat daftar buku sumber
|
8
|
VIII
|
Seminar Proposal
|
idem
|
|
|
|
9
|
IX
|
Ujian Mid Semester
|
|
|
-
Diskusi
-
Resitasi
-
Seminar
-
Power point
-
Laptop
-
LCD
|
Lihat daftar buku sumber
|
10
|
X
|
Metode Penelitian :
a.
Unit analisis, objek dan sumber
data
b.
Metode pembuatan kuesioner
|
Buat rencana metode penelitian
Diskusikan instrumen yang akan
digunakan dalam rencana penelitian
|
Mahasiswa menyempurnakan proposal
penelitian dengan metode penelitian
|
-
Diskusi
-
Resitasi
-
Seminar
-
Power point
-
Laptop
-
LCD
|
Lihat daftar buku sumber
|
11
|
XI
|
c.
Instrumen penelitian
d.
Pengukuran dan uji instrumen
penelitian
|
Buat rencana metode penelitian
Diskusikan instrumen yang akan
digunakan dalam rencana penelitian
|
|
-
Diskusi
-
Resitasi
-
Seminar
-
Power point
-
Laptop
-
LCD
|
Lihat daftar buku sumber
|
12
|
XII
|
e.
Variabel dan definisi
operasional
f.
Metode sampling
|
Diskusikan rencana peralatan yang
digunakan dalam teknik analisis data
|
Mahasiswa dapat mengembangkan teknik
analisis data yang akan digunakan dalam rencana penelitian
|
-
Diskusi
-
Resitasi
-
Seminar
-
Power point
-
Laptop
-
LCD
|
Lihat daftar buku sumber
|
13
|
XIII
|
Teknis Analisis Data Cara interpretasi
data
|
Diskusikan teknik analisis data yang
akan digunakan dan cara interpretasi data
|
Mahasiswa dapat menginterpretasikan
model-model teknik analisis data
|
-
Diskusi
-
Resitasi
-
Seminar
-
Power point
-
Laptop
-
LCD
|
Lihat daftar buku sumber
|
14
|
XIV
|
Praktikum analisis
data/Interpretasi/Statistik dalam Bahasa Arab
|
Praktikum di Lab dengan Arabic Mode
|
Mahasiswa dapat
mengoperasionalisasikan program analisis data
|
-
Diskusi
-
Resitasi
-
Seminar
-
Power point
-
Laptop
-
LCD
|
Lihat daftar buku sumber
|
15
|
XV
|
Pembuatan Proposal Rencana Penelitian
Pendidikan Bahasa Arab
|
Mahasiswa menyusun proposal penelitian
secara lengkap
|
Mahasiswa dapat
mengoperasionalisasikan program analisis data
|
-
Diskusi
-
Resitasi
-
Seminar
-
Power point
-
Laptop
-
LCD
|
Lihat daftar buku sumber
|
16
|
XVI
|
UAS
|
|
|
-
|
|
Evaluasi
hasil belajar:
1.
Partisipasi kuliah
2.
Tugas Terstruktur
3.
Tugas Mandiri
4.
Ujian Tengah Semester
5.
Ujian Akhir Semester
|
:5%
:15%
:15%
:25%
:40%
|
Buku
sumber
1.
Imam Gozhali, Aplikasi Analisis Multivariat, Penerbit
Universitas Diponegoro Semarang, ISBN 979.704.015.1, 2005
2.
Paduan Penulisan Skripsi, Fakultas Ekonomi Universitas
Sriwijaya
3.
Zikmund, William G., Bussiness Reaserch Methods, The
Dryden Press, Orlando, Florida, USA, 7th Edition, 2003.
4.
Singgih Santoso, Statistik Multivariat, Penerbit
Elex Media Komputindo, Kelompok Gramedia, Jakarta, 1997.
5.
Sugiarto, dkk, Teknik Sampling, Penerbit Gramedia
Jakarta, 2001
6.
Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, Penerbit CV Alfabeta,
Bandung, 1999
7. Sumanto,
Pembahasan Terpadu Statistika & Metodologi Riset, Penerbit ANDI Yogyakarta,
2002.
Mengetahui,
Ketua
Jurusan/Prodi
|
|
Cirebon,
30 Agustus 2013
Dosen
Pengampu Mata Kuliah
|
|
|
|
Dra.
Hj. Evi Fitriawati, M.Ag.
NIP:
xxxxxxxx xxxxxx x xxx
|
|
Reven
Elder, MA
NIP:
xxxxxxxxxxxxxxxxxx
|
Betway Casino and Slots - Movie File Europe
BalasHapusThe operator was established in 2006. It was in 넷마블 토토 Malta and was 에그 벳 based in Malta and is 먹튀썰전 based in Cyprus and e 스포츠 Malta. The company also offers online poker, 롤 토토사이트 샤오미